Sunday, November 29, 2015

TUGAS 4



1.      Apa yang dimaksud dengan :
a.       Harga       
Adalah suatu nilai tukar yang bisa disamakan dengan uang atau barang lain   untuk manfaat yang diperoleh dari suatu barang atau jasa bagi seseorang atau kelompok pada waktu tertentu dan tempat tertentu. Istilah harga digunakan untuk memberikan nilai finansial pada suatu produk barang atau jasa. Biasanya penggunaan kata harga berupa digit nominal besaran angka terhadap nilai tukar mata uang yang menunjukkan tinggi rendahnya nilai suatu kualitas barang atau jasa. Dalam ilmu ekonomi harga dapat dikaitkan dengan nilai jual atau beli suatu produk barang atau jasa sekaligus sebagai variabel yang menentukan komparasi produk atau barang sejenis. 

b.      Promosi
Adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.

c.       Barang
Adalah suatu objek atau jasa yang memiliki nilai. Nilai suatu barang akan ditentukan karena barang itu mempunyai kemampuan untuk dapat memenuhi kebutuhan.

2.      Jelaskan menurut saudara mengapa masalah harga dapat memberikan dorongan bagi produsen untuk membuat barang dan bermutu pula pengaruh harga bagi konsumen dalam menetapkan pembelian !
Menurut saya masalah harga dapat memberikan dorongan bagi produsen karena produsen memiliki prinsip ekonomi yaitu dengan cara menekan biaya produksi untuk menghasilkan barang produksi sesuai yang diharapkan diantaranya untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya, menggunakan bahan mentah berkualitas tinggi dengan harga murah, memilih dan menetapkan barang yang akan diproduksi, produsen selalu mengusahakan agar hasil yang diproduksinya dibeli konsumen dengan harga terjangkau dengan mutu yang lebih baik dan berkualitas tinggi. Sehingga dengan adanya prinsip ekonomi produsen mendapatkan dorongan untuk membuat barang berkuliatas dan bermutu.

                  Pengaruh harga bagi konsumen dalam menetapkan pembelian adalah agar konsumen bisa mendapatkan harga barang lebih murah namun berkualitas dan apabila kualitas tidak baik mengakibatkan para konsumen tidak membelinya dan kualitas harga dan barang menurun.

3.      Apa yang dimaksud dengan :
a.       Pasar
Adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan social dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang.
b.      Perusahaan yang menggunakan orientasi pasar
Toyota
Toyota di dalam memasarkan produknya selalu melihat segmentasi pasar, kemudian mereka memproduksi barang disesuaikan dengan segmentasi pasar tersebut, sehingga mereka dapat memperoleh pangsa pasar yang cukup besar.  Contohnya adalah adanya Toyota avanza, Toyota kijang innova, dan Toyota Alphard, ketiganya adalah family car akan tetapi memilki segmentasi yang berbeda-beda.

No comments:

Post a Comment

Pemutusan Hubungan Kerja ( PHK )

Pertanyaan dan Jawaban Kelompok 8 1. Apakah boleh atau bisa memecat atau PHK secara sepihak tanpa ada peringatan terlebih dahulu ? J...