1. Apa
yang dimaksud dengan :
a. Harga
Adalah
suatu nilai tukar yang bisa disamakan dengan uang atau barang lain untuk manfaat yang diperoleh dari suatu
barang atau jasa bagi seseorang atau kelompok pada waktu tertentu dan tempat
tertentu. Istilah harga digunakan untuk memberikan nilai
finansial pada suatu produk barang atau jasa. Biasanya penggunaan kata harga
berupa digit nominal besaran angka terhadap nilai tukar mata uang yang
menunjukkan tinggi rendahnya nilai suatu kualitas barang atau jasa. Dalam ilmu
ekonomi harga dapat dikaitkan dengan nilai jual atau beli suatu produk barang
atau jasa sekaligus sebagai variabel yang menentukan komparasi produk atau
barang sejenis.
b. Promosi
Adalah
upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan
menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor
mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
c. Barang
Adalah
suatu objek atau jasa yang memiliki nilai.
Nilai suatu barang akan ditentukan
karena barang itu mempunyai kemampuan untuk dapat memenuhi kebutuhan.
2. Jelaskan
menurut saudara mengapa masalah harga dapat memberikan dorongan bagi produsen
untuk membuat barang dan bermutu pula pengaruh harga bagi konsumen dalam
menetapkan pembelian !
Menurut saya masalah harga dapat memberikan dorongan
bagi produsen karena produsen memiliki prinsip ekonomi yaitu dengan cara
menekan biaya produksi untuk menghasilkan barang produksi sesuai yang
diharapkan diantaranya untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya,
menggunakan bahan mentah berkualitas tinggi dengan harga murah, memilih dan
menetapkan barang yang akan diproduksi, produsen selalu mengusahakan agar hasil
yang diproduksinya dibeli konsumen dengan harga terjangkau dengan mutu yang
lebih baik dan berkualitas tinggi. Sehingga dengan adanya prinsip ekonomi
produsen mendapatkan dorongan untuk membuat barang berkuliatas dan bermutu.
Pengaruh harga
bagi konsumen dalam menetapkan pembelian adalah agar konsumen bisa mendapatkan
harga barang lebih murah namun berkualitas dan apabila kualitas tidak baik
mengakibatkan para konsumen tidak membelinya dan kualitas harga dan barang
menurun.
3. Apa
yang dimaksud dengan :
a. Pasar
Adalah
salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan social dan
infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk
orang-orang dengan imbalan uang.
b. Perusahaan
yang menggunakan orientasi pasar
Toyota
Toyota di
dalam memasarkan produknya selalu melihat segmentasi pasar, kemudian mereka
memproduksi barang disesuaikan dengan segmentasi pasar tersebut, sehingga
mereka dapat memperoleh pangsa pasar yang cukup besar. Contohnya adalah adanya Toyota avanza, Toyota
kijang innova, dan Toyota Alphard, ketiganya adalah family car akan tetapi
memilki segmentasi yang berbeda-beda.
No comments:
Post a Comment